Politik

Anak SBY Jadi Ketum Demokrat

AHY. (GI)

Report: Robi| Editor: Nina

TIMUR MEDIA – Agus Harimurti Yudhoyono alias AHY resmi menjadi ketua umum Partai Demokrat. Ia menggantikan sang ayah, Susilo Bambang Yudhoyono atau SBY.

AHY sebelumnya berstatus wakil ketua umum di partai berlambang bintang mercy. Namun dalam sidang paripurna Kongres V Partai Demokrat, ditetapkan menjadi ketua umum. Agenda itu dihelat di JCC Senayan, pada Minggu 15 Maret 2020.

“Alhamdulillah Mas AHY sudah terpilih menjadi ketum PD periode 2020-2025,” ujar Juru Bicara Kongres, Irwan Fecho.

Irwan mengklaim seluruh peserta yang punya hak suara secara bulat aklamasi memilih AHY untuk memimpin Partai Demokrat.

Rekam jejak AHY di politik terbilang baru. Ia memutuskan mundur sebagai prajurit TNI AD pada September 2016. Lulusan Akmil tahun 2000 itu memilih mengakhiri kariernya dengan pangkat terakhir mayor.

Alasannya, ia maju sebagai cagub DKI di Pilgub DKI 2017 berpasangan dengan Sylviana Murni. Namun, di Pilgub ini AHY tumbang.

Di tahun 2019, AHY disiapkan Demokrat untuk menjadi cawapres. Namun, bolak-balik lobi-lobi SBY ternyata tak membuat hasil untuk AHY. Ia pun kembali gagal menjadi cawapres.

Kini, ia didapuk menjadi Ketum Demokrat untuk dipersiapkan maju di 2024. Sedangkan posisi SBY, meski tidak lagi menjadi ketua umum, tapi tetap menduduki jabatan penting.

Dalam sususan pengurus yang akan disusun AHY, SBY akan menduduki posisi Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat.

Menanggapi posisi SBY tersebut, Direktur Eksekutif Lembaga Analisis Politik Indonesia, Maksimus Ramses Lalongkoe menilai Demokrat di bawah kepemimpinan AHY tak akan bisa lepas dari campur tangan SBY.

“Artinya, tangan SBY masih aktif dalam me-manage Demokrat ke depan,” ujar Ramses.

Tapi hal itu dinilai wajar mengingat AHY yang juga mantan prajurit TNI itu belum lama berkecimpung di dunia perpolitikan, meski dalam Kongres V pemilihan AHY terpilih secara aklamasi.

Most Popular

To Top