NEWS

Amerika Ancam Putuskan Hubungan dengan Cina

Trump mengklaim pemutusan hubungan diplomatik menghemat ratusan miliar dolar.

Report: Janu I Editor: Maya

TIMUR MEDIA – Presiden Amerika Serikat Donald Trump menyatakan AS bisa memutus seluruh hubungan dengan Cina. Trump mengklaim langkah itu akan menyelamatkan uang negara sebesar US 500 miliar dolar AS.

Trump menegaskan pihaknya bisa melakukan banyak hal terkait hubungannya dengan Cina, termasuk memutuskan hubungan diplomatik. “Kita bisa memutus seluruh hubungan,” tegas Trump, dikutip dari Newsweek, Jumat 15 Mei 2020. Bahkan jika hal itu dilakukan, Trump mengklaim negaranya bisa menghemat uang lebih banyak.

Sebelum pandemi korona, Trump telah lama mengkritik Cina, bahkan sebelum berkuasa di Gedung Putih. Trump berulang kali mengungkapkan kekhawatirannya tentang defisit perdagangan antara kedua negara. Alasannya, AS secara historis telah mengimpor lebih banyak dari negara Asia itu daripada yang telah diekspor ke negara tersebut.

Hal ini mendorong Trump menambahkan tarif ke ratusan miliar barang Cina mulai pertengahan 2018, yang membuat Beijing merespons dengan barang. Situasi meningkat menjadi perang dagang yang diperkirakan para analis telah merugikan ratusan ribu pekerja AS dan memaksa importir Amerika untuk membayar miliaran lebih banyak daripada yang harus mereka bayar dengan tarif.

Tetapi situasi itu tampaknya akan selesai pada pertengahan Januari, dengan penandatanganan perjanjian perdagangan fase satu yang baru. AS dan banyak negara lain telah menjadi semakin kritis terhadap Cina di tengah pandemi korona, yang pertama kali muncul di kota Wuhan.

Cina juga menghadapi kritik internasional terhadap penanganan korona, terutama karena fakta bahwa para pejabat Cina awalnya menutupi wabah tersebut, bahkan menahan dokter yang mengungkapkan kekhawatirannya setelah wabah korona meningkat di Wuhan.

Selengkapnya...

Terkait

Back to top button