Internasional

Al Baqarah Menggema di Hagia Sophia

Report: Maya I Editor: Basir

TIMUR MEDIA – Lautan manusia membanjiri Hagia Sophia Turki untuk Jumatan perdana, hari ini 24 Juli 2020. Sejarah baru ini terjadi setelah keputusan politik mengubah landmark di Istanbul itu kembali menjadi masjid. Persis setelah 86 tahun bangunan itu berfungsi sebagai museum.

Pekik takbir, Al Fatihah dan Al Baqarah pun menggema. Kedatangan umat Muslim seolah tak ada habisnya. Ruas-ruas jalan di sekitar Hagia Sophia dipenuhi lautan manusia. Umat Muslim dari pelbagai negara berduyun-duyun beringsut merangsek ke bangunan bersejarah yang didirikan sejak tahun 532 sampai 537 Masehi, itu.

Dikutip dari Anadolu, Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan, membacakan dua surat sebagai penanda dibukanya Hagia Sophia sebagai masjid. Ia membaca dua surat, yakni surat Al Fatihah dan surat Al Baqarah ayat 1-5. Mengenakan jas hitam serta berpeci putih, Erdogan terdengar fasih menghafal ayat suci Al Quran dengan lantunannya yang khas.

Ia datang ke Hagia Sophia ditemani para pejabatnya. Sejumlah pemimpin beberapa negara Muslim seperti Qatar dan Azerbaijan turut diundang mengikuti shalat Jumat prdana di Hagia Sophia. Ribuan orang mengambil bagian di dalam dan luar masjid bersejarah di kota metropolis terbesar di Turki.

Presiden Turki Erdogan membuka penanda resminya Hagia Sophia menjadi masjid. (Euronews)

“Erdogan memilih dari Surat Al-Fatihah dan Al-Baqarah,” demikian dilansir Anadolu. Selanjutnya, Empat muadzin dari empat menara masjid mengumandangkan adzan. Ini kali pertama Hagia Sophia menghelat shalat Jumat, usai statusnya diubah dari museum ke masjid oleh Erdogan pada Senin, 10 Juli 2020.

“Kami mengakhiri kerinduan selama 86 tahun hari ini,” ujar Sait salah seorang jamaah, dilansir Reuters. “Terima kasih kepada presiden kita. Hari ini kita mengadakan shalat Jumat di Hagia Sophia.”

Dalam pidatonya dari siaran Euronews, Gubernur Yerlikaya mengimbau para jamaah mengenakan masker, membawa sajadah, dan menerapkan protokol pencegahan Covid-19. Tim medis juga disiapkan berjaga di sekitar sekitar masjid.

Saat shalat dilakukan, sang Imam di Masjid Hagia Sophia melantunkan surat Al-Fath ayat 1-4 di rakaat pertama. Pada rakaat kedua, Imam masih membacakan surat yang sama, ayat 27 sampai ayat 28.

Terjemah ayat 27: “Sesungguhnya Allah akan membuktikan kepada Rasul-Nya, tentang kebenaran mimpinya dengan sebenarnya (yaitu) bahwa sesungguhnya kamu pasti akan memasuki Masjidil Haram, insya Allah dalam keadaan aman, dengan mencukur rambut kepala dan mengguntingnya, sedang kamu tidak merasa takut. Maka Allah mengetahui apa yang tiada kamu ketahui dan Dia memberikan sebelum itu kemenangan yang dekat.”

Surat Al Fath, ayat 28, artinya: “Dialah yang mengutus Rasul-Nya dengan membawa petunjuk dan agama yang hak agar dimenangkan-Nya terhadap semua agama. Dan cukuplah Allah sebagai saksi.”

Hal ini mengingatkan pada peristiwa bersejarah penaklukan Kota Makkah.

Selengkapnya...

Terkait

Back to top button
Close
Close