AdvDPRD Balikpapan

Abdulloh Tegaskan ASN Harus Netral

Ia mengingatkan eksekutif dan legislatif agar mengabdikan dirinya untuk Balikpapan.

Reporter: Taufik Hidayat I Editor: Faisal

TIMUR MEDIA – Ketua Parlemen Balikpapan, Abdulloh menegaskan kepada seluruh Aparat Sipil Negara di kota ini agar netral saat konstelasi politik Pilkada Desember 2020.

Hal ini, menurutnya, untuk menjunjung tinggi netralitas dalam seluruh rangkaian Pilkada Balikpapan.

“Ini sesuai dengan UU Nomor 5 Tahun 2014 Tentang ASN. Sesuai pasal 2 huruf F disebutkan penyelenggaraan kebijakan dan manajemen ASN berdasarkan pada asas netralitas,” tegas Abdulloh, Jumat, 23 Oktober 2020.

Menurut Abdulloh asas netralitas dimaksudkan agar setiap ASN tidak berpihak dalam segala bentuk pengaruh manapun dan tidak ikut arus pada kepentingan siapapun. Hal itu juga dijelaskan dalam pasal 9 ayat 2, bahwa ASN harus bebas dari pengaruh dan intervensi seluruh golongan dan partai politik.

Ia bilang, sesuai dengan PP Nomor 53 Tahun 2010 tentang Disiplin ASN, pasal 4 angka 15 menyebutkan setiap ASN dilarang memberi dukungan kepada calon Kepala Daerah/Wakil Kepala Daerah dengan cara terlibat dalam kegiatan kampanye untuk mendukung calon Kepala Daerah/Wakil Kepala Daerah menggunakan fasilitas yang terkait dengan jabatan dalam kegiatan kampanye.

“Termasuk membuat keputusan atau tindakan yang menguntungkan atau merugikan salah satu pasangan calon di masa kampanye,” jelas Abdulloh. ASN, ingat Abdulloh, juga dilarang mengadakan kegiatan yang mengarah kepada keberpihakan terhadap pasangan calon yang menjadi peserta pemilu sebelum, selama dan sesudah masa kampanye.

Ia mencontohkan larangan itu seperti menggelar pertemuan, melakukan ajakan atau seruan, atau memberi barang kepada ASN dalam lingkungan kerjanya, anggota keluarga dan masyarakat.

Abdulloh berujar, ASN Balikpapan wajib memberi pelayanan terbaik kepada masyarakat dengan tidak membawa kepentingan kelompok dan golongan saat menjalankan tugas fungsinya.

ASN Balikpapan diharapakan juga bisa menjadi role model bagi masyarakat untuk menggunakan hak pilihnya dengan bijak. “ASN perlu memberi keteladanan pada warga untuk menggunakan hak pilihnya,” tutur Abdulloh.

Selain mengingatkan ASN, ia juga mengingatkan anggota parlemen lainnya agar selalu memperjuangkan hak-hak masyarakat termasuk memperjuangkan hak ASN Balikpapan untuk tetap mendapat tunjangan kinerja yang layak dan sesuai pelayanan yang diberikan. Ia memastikan hal itu telah dilakukan DPRD Balikpapan melalui hak budgeting di tahuan 2020.

“DPRD Balikpapan telah memperjuangkan tunjangan kinerja ASN Balikpapan untuk tetap dipertahankan, bukan hanya sebagai wujud apresiasi atas kinerja ASN. Tapi juga sebagai motivasi agar memberi pelayanan yang lebih baik lagi kepada masyarakat,” ujarnya.

Ia juga mengingatkan agar seluruh eksekutif dan legislatif bisa terus mengabdikan dirinya untuk Balikpapan. “Kinerja kita perlu didasari pada pengabdian, bukan karena kepentingan golongan tertentu,” tegasnya. *Adv

Selengkapnya...

Terkait

Back to top button