DPRD Balikpapan

Abdulloh Minta Nyoblos Dekat Rumah Dinas

Report: Firdaus I Editor: Isnan Rahardi

TIMUR MEDIA – Ketua Parlemen Balikpapan, Abdulloh bersama keluarganya mengajukan permohonan mencoblos di sekitar rumah dinasnya di Gunung Pasir. Hal itu ia sampaikan saat pihak KPU melakukan pencocokan dan penelitian calon pemilih pilkada Balikpapan Desember 2020.

“Untuk tahun ini Pilkada Desember nanti, saya sama istri minta, coba sekali-sekali saya mencoblos di tempat tinggal saya dekat rumah dinas,” terang Abdulloh, Senin 20 Juli 2020. Ia bersama bersama istri menerima kedatangan pihak KPU di ruang pertemuan.

Agenda pencocokan dan penelitian pemutakhiran data pemilih itu berlangsung dengan suasana ceria. Permintaan Abdulloh dikabulkan KPU, namun tetap dengan syarat dan ketentuan yang sesuai UU.  “Akhirnya diperbolehkan nanti menggunakan menggunakan surat A5. Jadi saya mencoblos di daerah yang berdekatan dengan rumah dinas,” jelasnya.

Ia sengaja mengajukan permohonan itu agar memudahkan saat melakukan monitoring di sejumlah TPS di bersama Muspida. “Salah satunya mudah terjangkau,” ujarnya.

Ketua KPU Balikpapan Noor Thoha menyatakan pemutakhiran data yang dilakukan untuk memastikan Ketua DPRD masih memiliki hak pilih di tempat tinggal sesuai KTP.

“Memang beliau tinggal di Balikpapan Kota, maka KPU tidak boleh berspekulasi, oh kalau Utara masukan ke Utara. Nah tugas KPU menanyakan perihal itu,” terang Thoha. Dari legalitas dokumen resmi, Abdulloh berdomisili di Balikpapan Utara.

“Tapi karena beliau ingin hak pilihnya di Balikpapan Kota, maka ada proses selanjutnya,” jelasnya. KPU, lanjut Thoha, tidak begitu saja memindahkan lokasi pemilihan lokasi pencoblosan pemilik hak suara. Meski itu Ketua DPRD sekalipun.

Jika ada yang mengajukan permohonan, tetap harus melalui proses lanjutan. “Seperti meminta surat pindah coblos atau A5 sepekan sebelum hari pencoblosan,” jelasnya. *ADV

Selengkapnya...

Terkait

Back to top button