AdvDPRD Balikpapan

Abdulloh: BPJS Gratis Harus Tepat Sasaran

Report: Taufik I Editor: Basir

TIMUR MEDIA – Ketua Parlemen Balikpapan, Abdulloh mendukung salah satu program yang digagas Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas’ud terkait iuran gratis BPJS Kesehatan. Layanan khusus kelas III ini sangat bermanfaat untuk masyarakat.

Namun, Abdulloh mengingatkan agar saat pendataan perlu lebih teliti agar tidak terjadi kesalahan data. “Perlu diperhatikan agar program ini bisa tepat sasaran,” tegas Abdulloh, Jumat 11 Juni 2021.

Ia menjelaskan Pemerintah Balikpapan membutuhkan anggaran Rp 40 milyar untuk iuran gratis BPJS mandiri kelas III. Mengingat besarnya anggaran daerah yang digunakan itu, Parlemen mengingatkan agar jangan sampai ada peserta double yang dibayarkan perusahaan.

“Kami sedang bahas itu, mendata agar tidak tumpang tindih. Misalnya kalau ada yang sudah dibayar perusahaan, maka jangan sampai dibayar oleh Pemkot lagi,” ingatnya.

Abdulloh menegaskan program ini harus terwujud karena telah dituangkan dalam visi misi Wali Kota. Ia menerangkan sepanjang Rahmad Mas’ud menjabat, mala program harus jalan untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat Balikpapan.

“Visi misi beliau periode 2021-2024, setelah itu visi misi lain kami nggak tau. Kalau misal beliau masih terpilih lagi dan visi misi itu masih dipertahankan maka disambung periode selanjutnya,” katanya.

Terkait kemampuan anggaran, Abdulloh memastikan APBD Balikpapan masih bisa mendukung terwujudnya visi dan misi Rahmad Mas’ud. Karena itu pihaknya akan memaksimalkan PAD, terutama dari kebocoran pendapatan dan belum maksimalnya kantong pendapatan lain.

Menurutnya sumber PAD masih banyak yang kosong, belum dimaksimalkan. Misalnya ada 4.500 wajib pajak, tapi hanya 2.500 yang aktif. “Dari data itu, banyak sekali potensi pendapatan daerah yang akan kami gali untuk warga Balikpapan.”

Selengkapnya...

Terkait

Back to top button