BalikpapanKaltim

Pelabuhan Semayang Berencana Terapkan Tes Genose

Reporter : Taufik Hidayat | Editor : Faisal

TIMUR MEDIA – Area Kawasan pelabuhan Semayang Balikpapan, direncanakan akan melakukan uji coba alat pendeteksi Covid-19, GeNose. Rencananya akan diberlakukan pada bulan Juni 2021 mendatang. Manajer Pelayanan Barang dan Aneka Usaha (PBAU) Pelindo IV Balikpapan, Fanny Herling Senin 19/04/2021 mengungkapkan .

Alat pendeteksi Covid-19 menurutnya, yang bekerja melalui hembusan napas itu sudah pernah diuji coba di Terminal Batu Ampar dan Pelabuhan Ferry Kariangau secara acak.

“Pelabuhan kelas 1 termasuk Semayang, rencana GeNose diuji cobakan pada Juni 2021. Nanti diberlakukan ke semua pelabuhan,” ujar Fanny Herling.

Lanjutnya, ia menjelaskan hasil pertemuan dengan Kementrian BUMN dan Kementerian Perhubungan. Yang mana Juni nanti pelabuhan kelas 1 sudah harus diterapkan.

hal ini sangat membantu masyarakat karena melihat lebih cepat diketahui hasilnya, juga tarifnya pun lebih murah dibandingkan dengan rapid antigen. “Lebih cepat tiga menit setelah pengetesan, antigen pastinya nanti ditiadakan karena penumpang langsung dites GeNose di pelabuhan.” Tuturnya.

Perlu diketahui, GeNose ini adalah alat deteksi Covid-19 buatan UGM yang telah resmi diizinkan oleh Satuan Tugas (Satgas). Penanganan Covid-19 sebagai syarat perjalanan di kereta api dan bus. Alat ini mengidentifikasi virus corona dengan cara mendeteksi Volatile Organic Compound (VOC). VOC terbentuk lantaran ada infeksi Covid-19 yang keluar bersamaan dengan napas.

Selengkapnya...

Terkait

Back to top button