Internasional

Osmani Terpilih Menjadi Presiden Kosovo

Red : Ahmad Mulyadi

PRISTINA, TIMUR MEDIA – Parlemen Kosovo resmi menunjuk Vjosa Osmani menjadi presiden negara tersebut pada Minggu kemarin (4/4/2021). Demikian dilansir Kantor Berita Turki, Anadolu Agency (4/4/2021).

Menurut Anadolu Agency, Osmani berhasil meraih 71 suara dari anggota parlemen pada pemungutan suara putaran ketiga yang digelar di Gedung Majelis Kosovo. Perolehan suara tersebut, telah cukup untuk meloloskan Osmani menjadi presiden negara yang terletak di Balkan di Eropa Tenggara tersebut.

Sebelum terpilih menjadi presiden, Osmani pernah dipercaya menjadi juru bicara Parlemen Kosovo. Selain itu, politisi alumnus Universitas Pittsburgh (AS) ini juga sempat menjadi presiden sementara Kosovo, usai pengunduran diri Mantan Presiden Hashim Thaci beberapa waktu lalu.

Dalam pidato sambutannya sebagai presiden terpilih, Osmani menuturkan bahwa dirinya akan berjuang keras membawa Kosovo keluar dari krisis, khususnya di sektor ekonomi dan politik. Dia menyampaikan bahwa pihaknya akan berusaha mengembangkan ekonomi negara bekas wilayah Imperium Utsmaniyah tersebut. Selain itu, politisi berusia 38 tahun itu juga meminta dukungan semua pihak terkait rencananya mengintegrasikan negara berpenduduk 1,9 juta jiwa tersebut ke dalam struktur Euro-Atlantik.

”Hari ini kami meminta mereka untuk berdiri di sisi kami dalam tujuan bersama untuk integrasi ke dalam struktur Euro-Atlantik, dalam pengembangan ekonomi, dalam memastikan kesetaraan dan kesejahteraan umum negara,” tutur wanita yang fasih berbahasa Spanyol, Inggris, Turki, Serbia, dan Albania itu.

Selengkapnya...

Terkait

Back to top button