timurmedia.com

Balikpapan

6.737 Calhaj Diterbangkan dari Embarkasi Balikpapan

TIMURMEDIA.COM – Sebanyak 6.737 jamaah haji tahun 2019, akan diterbangkan dari Embarkasi Balikpapan. Pemberangkatan kelompok terbang atau kloter 1, rencananya dimulai per 19 Juli 2019.

Otoritas Bandar Udara Wilayah VII Balikpapan mencatat Bandara Sepinggan akan menjadi embarkasi haji bagi 15 kloter.

Kepala Otoritas Bandar Udara Wilayah VII Balikpapan, Anung Bayumurti, memaparkan jumlah jamaah calon haji itu berasal dari Provinsi Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Sulawesi Tengah, dan Sulawesi Utara.

Menurutnya, Bandara Sepinggan akan melayani penerbangan haji kloter 1 pada 19 juli 2019 dengan pesawat Garuda Indonesia nomor penerbangan GA 4501.

Sesuai data yang diterima pihak Embarkasi dari Kemenag, untuk kloter pertama ada 450 jamaah calon haji dan  lima petugas kloter yang diberangkatkan.,”

Anung dalam siaran pers, Selasa 9/7/2019, menjelaskan pihaknya akan melakukan perubahan pada sistem keberangkatan jamaah dengan penggunaan garbarata untuk memudahkan para calon jamaah haji.

“Penggunaan garbarata itu dalam rangka peningkatan pelayanan kepada Jemaah calon haji,” jelasnya.

Tahun lalu, embarkasi Balikpapan para jamaah calon haji yang akan naik pesawat harus melalui apron dengan menggunakan bus kemudian naik tangga pesawat.

“Tahun ini, jamaah calon haji berangkat melalui terminal keberangkatan internasional dan menggunakan garbarata. Hal tersebut kami lakukan dengan harapan proses itu lebih meningkatkan aspek keamanan, keselamatan dan kelancaran pelayanan serta kenyamanan jemaah calon haji,” jelasnya.

Menurut Anung, Kantor Otoritas Bandara Wilayah VII  Balikpapan telah menggelar Rapat Koordinasi Teknis dan Operasional dalam rangka mendukung keamanan, keselamatan dan kenyamanan Pelaksanaan Haji di Embarkasi Balikpapan.

Rapat koordinasi itu diikuti antara lain penyelenggaraan bandara, operator pelaksana, ground handling, CIQ, PPIH dan para stakeholder terkait.

Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kemenhub Polana B. Pramesti menambahkan akan berupaya meningkatkan layanan agar para jemaah calon haji terlayani dengan baik.

“Kami akan mengupayakan untuk terus melakukan pengembangan pada pelayanan angkutan haji,” katanya.

Tujuannya agar seluruh jamaah calon haji dapat menjalankan ibadahnya dengan khusuk sehingga menjadi haji yang mabrur.

Penulis: Maya Astuti
Editor: Abi Kurniawan

Most Popular

To Top