Nasional

37 Kandidat di Pilkada Terinfeksi Covid-19

KPU memperpanjang waktu pendaftaran selama tiga hari.

Report: Taufik Hidayat I Editor: Fai

TIMUR MEDIA – Komisi Pemilihan Umum mencatat ada sekitar 687 bakal pasangan calon yang mendaftar ke KPU hingga Sabtu 6 September 2020, pukul 24.00 WIB.

Dari jumlah itu, 37 bakal calon di 21 provinsi terkonfirmasi positif COVID-19. “Data sementara yang berhasil dihimpun hingga pukul 24.00 dari KPU provinsi, KPU kabupaten/kota, bakal calon yang dinyatakan positif pemeriksaan swab testnya sebanyak 37 dari 21 provinsi,” terang Ketua KPU, Arief Budiman melalui jumpa pers daring dari Facebook KPU RI, Senin 7 September 2020.

KPU mencatat, jumlah bakal pasangan calon gubernur dan wakil gubernur sebanyak 22 pasangan, jumlah bakal pasangan calon bupati dan wakil bupati sebanyak 570 pasangan, jumlah bakal pasangan calon wali kota dan wakil wali kota sebanyak 95 pasangan.

Dari komposisi usia, jumlah bakal calon laki-laki 1.223, perempuan 141. Dari jumlah bakal pasangan calon yang diusulkan partai politik mencapai 626 pasangan, sedangan calon yang maju perorangan mencapai 61 pasangan calon.

KPU juga mencatat ada daerah yang hanya diikuti satu pasangan calon. KPU sudah meminta KPU daerah untuk melakukan penundaan.

“Untuk 28 daerah yang terdapat satu bakal pasangan calon, KPU kabupaten/kota akan membuka pendaftaran kembali setelah melakukan proses penundaan dan sosialisasi,” ujar Arief.

KPU kembali mengingatkan kembali kepada partai politik, bakal pasangan calon dan pemilih untuk mematuhi protokol kesehatan dalam rangka pencegahan virus COVID-19.

Untuk Balikpapan, sampai Senin 7 September 2020, hanya satu pasang yang mendaftar di KPU. Yakni, Rahmad Mas’ud – Thohari. Mereka didukung sembilan partai dengan jumlah dukungan 40 kursi dari 45 kursi di legislatif.

Ketua KPU Balikpapan, Noor Thoha memastikan pasangan ini telah melakukan uji swab sebelum mendaftar pada 4 September lalu. “Hasil swab pasangan Rahmad Mas’ud – Thohari, negatif,” kata Thoha.

Selengkapnya...

Terkait

Back to top button