Balikpapan

323 Ponsel Napi Balikpapan Dimusnahkan

Sanksi bagi napi dimasukan dalam sel isolasi.

Reporter: Hendra I Editor: Isnan

TIMUR MEDIA –  Ratusan ponsel hasil sitaan di Lapas Kelas IIA dan Rutan Kelas IIB Balikpapan dimusnahkan, pada Selasa 23 Juni 2020. Seluruh handphone ini barang elektronik yang diselundupkan para napi ke dalam lapas.

Kepala Rutan Kelas IIB Balikpapan, Sopiana menjelaskan temuan ponsel itu hasil razia dalam waktu berbeda. Pihaknya melakukan razia di rutan sejak Februari 2020. Sedangkan razia di lapas Oktober 2019 lalu hingga Juni 2020. “Dalam waktu lima bulan, sekitar 323 handphone terjaring,” jelasnya.

Sopiana melanjutkan, jika ada yang kedapatan menyelundupkan ponsel, pihaknya bakal memberikan sanksi. “Termasuk sanski bagi keluarga warga binaan. Sanksinya tidak boleh mengunjungi keluarganya selama sebulan,” tegasnya. Sedangkan sanksi bagi napi, akan dimasukkan dalam sel isolasi.

Dari hasil penyelidikan, ponsel yang diselundupkan ini dibawa dengan pelbagai modus. Paling banyak, dibawa pembesuk dengan menyembunyikannya di balik makanan. “Ada yang disembunyikan di balik nasi, ikan, dan sayuran. Petugas harus selalu teliti dalam memeriksa,” katanya.

Kepala Lapas Kelas IIA Balikpapan Veri Johannes mengatakan, razia ini bersifat mendadak. Seluruh barang dikumpulkan, lalu dimusnahkan. “Temuan ini bukti nyata kami komitmen memberantas penyalahgunaan ponsel dalam Lapas,” tuturnya.

Ia menegaskan jika ada kelalaian dan keterlibatan anggota, pihaknya tak segan memberi sanksi tegas. Namun, sejauh ini ia mengklaim hal itu tidak ditemukan.

Selengkapnya...

Terkait

Back to top button