Internasional

30 Ribu Warga Inggris Kesulitan Listrik

Reporter: Maya I Editor: Janu

TIMUR MEDIA – Sedikitnya 30 ribu warga Inggris mengalami gangguan listrik usai dihantam badai Malik. Hal itu dikonfirmasi otoritas resmi penyedia jasa listrik di Inggris. Mereka mengatakan, kemungkinan gangguan listrisk akan terus berlanjut.

Dilaporkan BBC pada Minggu 30 Januari 2022, mayortias warga yang belum bisa mendapatkan akses listrik ada di Northumberland dan County Durham. Otoritas setempat mengaku akan segera memulihkan kelistrikan secepatnya.

Juru Bicara Otoritas setempat, menjelaskan tim Powergrid Utara telah keluar menilai kerusakan dan merencanakan pekerjaan perbaikan.

“Tingkat kerusakan tidak separah yang disebabkan badai es di Badai Arwen, yang membuat pekerjaan perbaikan menjadi kurang menantang,” tutur juru bicara otoritas.

Badai Malik juga memutus aliran listrik di 130 ribu rumah serta tempat usaha di Inggris. Aktivitas perjalanan masyarakat juga terganggu akibat terjangan badai ini.

Belum usai Badai Malik, Inggris kembali diancam satu badai lainnya, Corrie. Angin kencang, salju dan hujan deras yang dibawa Badai Corrie diprediksi tiba di Negeri Ratu Elizabeth.

Badai ini diperkirakan akan membawa angin kencang lebih lanjut pada Minggu waktu setempat. Pemerintah meningkatkan status kewaspadaan di sepanjang pantai timur Skotlandia dan Timur Laut.

“Ini persis seperti terakhir kali terjadinya badai besar di Inggris. Tidak ada listrik, pemanas, air panas, dan tidak ada sinyal seluler di desa kami,” kata seorang warga, Steward Sexton, 58 di Alnwick.

Stewart Sexton mengaku kesulitan akibat tidak bisa mendapat listrik. Pria 58 tahun itu mengaku tak bisa menghangatkan diri dalam rumah setelah terkena badai. “Tidak ada cahaya, air panas, tidak ada sinyal seluler di desa. Kami tidak bisa berbuat apa-apa, ini mengerikan,” ujarnya.

Dewan Kabupaten Durham mengatakan sedang bekerja dengan layanan darurat dan Powergrid Utara untuk mendukung penduduk guna mengatasi musibah usai badai tersebut melanda.

Ketua Kelompok Koordinasi Strategis Perencanaan Darurat untuk County Durham dan Darlington, Richie Allen mengatakan pemerintah terus bekerja memastikan persediaan dipulihkan sesegera mungkin, terutama bagi mereka yang rentan.

Ia meminta setiap warga untuk saling menjaga untuk sementara.

“Baru dua bulan sejak banyak komunitas tidak mendapat aliran listrik akibat Badai Arwen, jadi kami memahami bahwa penduduk akan cemas untuk memastikan pasokan mereka segera pulih,” ujarnya.

“Kami tidak bisa berbuat apa-apa. Kondisinya sangat buruk di sini. Akankah kami dibiarkan 10 hari tanpa pemanas, air atau sinyal seluler?” tanya dia, dikutip dari Sky News, Minggu, 30 Januari 2022.

Selengkapnya...

Terkait

Back to top button