Bencana Alam

2.281 KK Terdampak Banjir Konawe

Report: Maya I Editor: Fai

TIMUR MEDIA – Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara, menyatakan sesuai data sementara, tercatat ada 14 kecamatan dan 2.281 kepala keluarga yang mengalami dampak akibat banjir akibat besar di wilayah itu.

Kepala BPBD Konawe, Herianto Pagala menjelaskan tiga desa di dua kecamatan terkena dampak paling parah. Yakni Desa Wonua Monapa dan Desa Laloika di Kecamatan Pondidaha, serta Desa Waworaha di Kecamatan Lambuya.

Bahkan, Desa Aleuti Kecamatan Padangguni dan Desa Lalomerui Kecamatan Routa menjadi desa yang masih terisolasi akibat banjir ini.

“Ada 86 jiwa bayi terdampak, balita 446 jiwa, lansia 429 jiwa, dan ibu hamil 60 jiwa dan disabilitas satu jiwa,” jelasnya, dilansir MediaIndonesia, Sabtu 18 Juli 2020.  Keseluruhan jumlah pengungsi sebanyak 857 jiwa. Mereka, ada yang mengungsi di Balai Desa, gereja, pinggir jalan, rumah keluarga, gedung SMP dan tempat penggilingan.

Selain merendam rumah warga, banjir di Kabupaten Konawe juga merendam tanaman padi, cokelat, serta tanaman sayur dan hortikultura yang luasnya mencapai puluhan hektare. Ini terjadi di Desa Sulemandara, Desa Ambulaanu, Desa Dawi-dawi, Desa Langgonawe, dan Desa Bendewutu, Desa Puusangi.

Melihat analisis dari InaRISK, wilayah Konawe Utara memiliki potensi bahaya kategori sedang hingga tinggi untuk banjir. Luas bahaya akibat banjir mencakup lebih dari 19 ribu hektare di 10 kecamatan. “Dari sisi risiko, sekitar 12.829 jiwa terpapar potensi banjir di 10 kecamatan tersebut,” tutur Raditya.

Dari prakiraan hujan dasarian II – II Juli hingga I Agustus 2020, wilayah Konawe Utara masih berpotensi hujan tinggi. Melihat prakiraan ini, pihaknya mengimbau masyarakat agar terus waspada dan siap siaga menghadapi potensi bencana hidrometeorologi, seperti banjir, longsor dan banjir bandang.

“Hujan dengan intesitas tinggi dan berdurasi lama bisa menjadi satu indikator menyikapi kesiapsiagaan masyarakat,” jelasnya.

Selengkapnya...

Terkait

Back to top button