Bencana Alam

19 Ribu Korban Banjir DKI Mengungsi

Timur Media

banjir DKI dari pantauan udara. (BNPB)

TimurMedia.com:

Report: Ryan| Editor: Doni

TIMUR MEDIA – Banjir di Jakarta menyebabkan 41 titik di ibu kota lumpuh. Lebih dari 19 ribu jiwa terpaksa mengungsi.

Badan Nasional Penanggulangan Bencana melaporkan banjir di awal tahun 2020 tergolong yang cukup luas di wilayah Jabodetabek. Pantauan BNPB menunjukkan ada 169 titik banjir di seluruh wilayah Jabodetabek dan Banten.

Data BNPB mencatat, banjir kali ini paling ekstrim dalam 24 tahun terakhir. Sedangkan Meteorologi Publik, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), memprediksi puncak hujan baru terjadi pada pertengahan Januari sampai Maret.

Banjir yang melanda DKI menyebabkan empat orang meninggal dunia.

Banjir kepung Jakarta. (BNPB)

Gubernur Jakarta Anies Baswedan menyatakan belasan ribu orang terpaksa mengungsi. “Tercatat 19.079 orang yang mengungsi ditangani sepenuhnya oleh Pemprov DKI Jakarta,” ujar Anis, Rabu, 1/Jan/2020.

Data Pemprov DKI Jakarta melaporkan, jumlah warga yang mengungsi di Jakarta Timur 9.248 orang, Jakarta Selatan 5.100 orang, Jakarta Barat 3.533 orang. Kemudian Jakarta Utara 888 orang dan Jakarta Pusat 310 orang.

Evakuasi warga yang tinggal di wilayah tergenang masih terus dilanjutkan tim terpadu termasuk Palang Merah Indonesia.

Anies Baswesdan mengatakan, pemerintah provinsi mengambil sikap bertanggung jawab atas banjir yang melanda Jakarta.

“Karena itu saya instruksikan kepada seluruh jajaran Pemprov DKI Jakarta untuk turun tangan langsung, datangi kantor kelurahan terdekat, bekerja di bawah koordinasi para lurah, membantu untuk menyelamatkan warga,” perintah Anies dalam pesan suara, disampaikan Humas Pemprov DKI, Rabu.

Ia menambahkan, “Kita hadapi dan kita selesaikan masalah yang ada sekarang ini dengan sebaiknya-baiknya,” ujar Anies.

Gubernur DKI itu juga meminta agar masyarakat mendapatkan informasi yang valid dan akurat soal banjir, namun ia tidak merinci lebih jauh.

Banjir juga mengakibatkan terganggunya pasokan listrik. PLN terpaksa memadamkan sementara listrik di 724 wilayah yang terkena banjir. Hal ini demi menjaga keselamatan masyarakat agar terhindar dari bahaya arus listrik.

Kepala Pusat BMKG, Fachri Radjab, mengatakan puncak hujan “Kita perkirakan di pertengahan Januari hingga awal Maret nanti,” ujarnya.

Menurut BMKG, hujan dengan intensitas sedang-lebat yang mengguyur Jakarta sejak Selasa akhir tahun 2019, belum termasuk puncak musim hujan.

Most Popular

To Top