Internasional

Jerman Kirim Ribuan Rudal

Report: Ryan I Editor: Isnan

TIMUR MEDIA – Sebanyak 1.500 rudal anti-pesawat Strela dan 100 senapan mesin MG3 dilaporkan telah tiba di Ukraina dari Jerman pada Jumat (25/3).

Menteri Luar Negeri Jerman, Annalena Baerbock, menuturkan ribuan rudal dan senapan mesin itu dikirim untuk membantu Ukraina menghadapi gempuran Rusia yang sudah berlangsung sebulan lebih.

“Kami salah satu pemasok senjata terbesar dalam situasi ini, itu tidak membuat kami bangga, tetapi itu lah yang harus kami lakukan untuk membantu Ukraina,” papar Baerbock, dikutip dari Reuters.

Rudal Strela telah menjadi senjata cadangan bekas tentara Jerman Timur.

Baerbock bilang Jerman masih akan mengirim pasokan senjata lainnya ke Ukraina. Namun, hal itu akan menyusul mengingat ada penundaan pengiriman.

Selain Jerman, sejumlah negara Barat juga terus berupaya memasok senjata bagi Ukraina yang masih berupaya menghadapi gempuran Rusia.

Baru-baru ini, Inggris juga mengirim 6.000 rudal tambahan dan dana 30 juta euro (Rp474 miliar) bagi Ukraina.

“Kami tak bisa dan tak akan berdiam diri sementara Rusia menghancurkan kota-kota Ukraina menjadi debu,” kata Perdana Menteri Boris Johnson dalam pernyataan resmi dikutip dari AFP.

Inggris akan bekerja sama dengan sekutu Ukraina lainnya untuk meningkatkan dukungan militer dan ekonomi ke Ukraina, memperkuat pertahanan mereka saat mereka membalikkan keadaan dalam peperangan ini.

Selengkapnya...

Terkait

Back to top button