Nasional

121.227 Pasien Korona Sembuh

Report: Maya| Editor: Hendro

TIMUR MEDIA – Data update perkembangan pasien korona di dunia, membawa angin segar. Sampai Jumat 27 Maret 2020 dini hari, jumlah pasien yang sembuh telah mencapai 121.227 jiwa.

Data ini dilansir Worldometer, sebuah situs online yang memantau pergerakan pasien korona di 155 negara. Total kasus korona di dunia mencapai 503.218 jiwa. Dari angka ini tercatat 22.240 pasien meninggal dunia.

admintimurmedia | Timur Media | Referensi Baru Update korona. (Worldometer)

Sebelumnya, Ikatan Dokter Indonesia atau IDI meminta masyarakat Indonesia tidak tak perlu panik berlebihan terhadap virus korona. Sebab, meski penyebarannya terbilang cepat tapi tingkat kesembuhan mencapai 97 persen.

Hal itu diutarakan Anggota Satgas Kewaspadaan & Kesiagaan COVID-19 IDI, dokter Erlina Burhan.

Ia mengingatkan penyakit ini jangan disamakan dengan flu burung yang memiliki angka kematian tinggi.

“Covid-19 gejala klinisnya ringan, bicara data yang meninggal 3 persen, kemungkinan sembuhnya 97 persen,” ungkapnya.

Ia menekankan, pasien dengan positif korona dapat sembuh dengan pengobatan terapi simtomatik dan suportif. Yaitu, pengobatan untuk mengurangi gejala dan meningkatkan daya tahan tubuh tubuh.

“Virus korona ini merupakan self limiting disease atau penyakit yang bisa sembuh sendiri dengan mengandalkan perlawanan sistem imun, jadi bisa diatasi dengan sistem imunitas tubuh,” jelas Erlina.

Komite Ahli Tuberkulosis Indonesia Dr Pandu Riono, MPH, PhD dalam konferensi pers 24 Maret 2020, menjelaskan korban korona yang meninggal dunia karena dipengaruhi penyakit bawaan.

“Memang yang meninggal itu sangat dipengaruhi kondisi kesehatan pasien,” ungkapnya.

Menurutnya jika pasien sudah mengalami penyakit kronis seperti diabetes, tuberkulosis, asma dan sebagainya, lalu terinfeksi virus korona, kondisinya tidak optimal.

“Sehingga mudah jatuh ke kondisi kritis dan meninggal dunia,” paparnya.

Tags
Selengkapnya...

Terkait

Back to top button
Close
Close