Internasional

Scholz Resmi Jadi Kanselir Jerman

Red : Ahmad Mulyadi

TIMUR MEDIA, BERLIN – Olaf Sholz resmi menjadi Kanselir Jerman kesembilan. Demikian dilaporkan Deutsche Welle, kemarin (8/12/2021).

Sebelum diresmikan di Istana Kepresidenan Jerman Schloss Bellevue, Sholz disepakati untuk menjadi kanselir oleh suara mayoritas anggota parlemen Jerman di Gedung Parlemen Jerman (Reichtagsgebaude) di hari yang sama (8/12/2021).

Pria kelahiran Osnabrueck 1958 ini memperoleh 395 suara dari total 707 suara. Kemenangan Scholz di parlemen ini merupakan hasil koalisi partai pemenang pemilu Jerman, yakni SPD, bersama Die Gruenen dan FDP.

Dengan kemenangan ini, Sholz berhasil melanjutkan tradisi SPD untuk menjadi orang nomor satu dalam pemerintahan Jerman. Sebelumnya, Jerman pernah dipimpin oleh Willy Brandt, Helmut Schmidt dan Gerhard Schroeder yang juga berasal dari SPD.

Dalam koalisi yang disebut koalisi ‘’lampu lalu lintas’’ ini, Sholz pun mengakhiri kepemimpinan Angela Merkel dan Partai CDU dalam pemerintahan Jerman. Sebelumnya, pada pemilu parlemen yang digelar pada 28 September lalu CDU harus mengakui keunggulan SPD yang mengusung Sholz sebagai kandidat kanselir Jerman. SPD berhasil memenangkan pemilu parlemen dengan 25,9 suara, unggul atas CDU yang hanya memperoleh 24,2 suara.

Dengan hasil pemilu tersebut, maka kunci untuk memenangkan kepemimpinan bergantung pada kemungkinan koalisi dengan Die Gruenen dan FDP yang masing-masing memperoleh 14,5 dan 11,5 suara (peringkat ketiga dan keempat). Die Gruenen dan FDP akhirnya memutuskan bergabung bersama SPD untuk membentuk koalisi pemerintahan baru.

 

 

Selengkapnya...

Terkait

Back to top button