Kesehatan

10 Langkah Jitu Hindari Flu

Diasuh oleh: dr. Leli Hesti, MKK, akademisi & praktisi kedokteran.

Pada musim penghujan seperti sekarang, maka siap-siap saja beberapa penyakit  akan muncul mengintai kita.Yang paling sering tentu saja adalah penyakit flu.

Sebenarnya flu bisa sembuh sendiri namun tak jarang penyakitnya berlanjut  sehingga akan mengganggu aktivitas kita. Untuk itu daripada mengobati lebih baik mencegah bukan?

Di bawah ini adalah beberapa cara sederhana yang bisa kita lakukan sendiri untuk menghindari flu agar aktivitas sehari-hari kita tetap lancar.

  1. Cuci tangan

Kita pasti sudah sering mendengar tentang hal ini bukan? Yup, nasihat ini masih tetap baik dijalankan sampai sekarang. Cucilah tangan kita sebelum dan sesudah makan, atau sehabis berjabat tangan dengan orang lain, terutama bagi pekerja kesehatan. Basahi tangan Anda dengan air dan tambahkan sabun kemudian gosok tangan anda secara menyeluruh. Sudah banyak  kok informasi mengenai cuci tangan yang baik dan benar.

  1. Istirahat cukup

Ketika kita lelah maka tubuh kita juga akan berjuang keras sehingga kuman pun mudah masuk .. Untuk itu aturan tidur 8-10 jam semalam juga masih berlaku disini.

  1. Jauhkan tangan kita dari hidung dan mata

Sebab tempat itu adalah salah satu yang disenangi kuman untuk masuk ke dalam tubuh selain mulut kita.

  1. Makan makanan yang sehat dan bergizi

Terutama makan banyak buah-buahan dan sayuran segar untuk mendukung sistem kekebalan tubuh. Hal ini juga jauh lebih mudah daripada minum obat kan?

  1. Jaga jarak dari orang-orang di sekitar kita yang menunjukkan gejala flu

Seperti bersin dan batuk agar tidak tertular, karena penularannya yang mudah lewat udara.

  1. Stop merokok mulai sekarang

Rokok akan melakukan perubahan struktural pada saluran pernapasan yakni merusak silia, yang mirip serat/rambut kecil dalam hidung kita. Ini dapat membantu meningkatkan risiko infeksi dan mengurangi respon kekebalan tubuh.

  1. Banyak minum

Terutama bila anda atau pada anak-anak kita yang sudah mengalami demam karena dapat menyebabkan dehidrasi dan memperparah sakit nya.

  1. Potong kuku jari-jari kita

Mungkin kita ingat saat sekolah pemeriksaan kuku ini sering dilakukan. Ternyata hal ini memang bertujuan positif ,yakni untuk menghindari kuman-kuman yang sering bersembunyi di bawah kuku kita. Apalagi bila kita/anak kita mempunyai kebiasaan menggigit ujung kuku jari.

  1. Saat batuk dan bersin, lakukan dengan lekukan siku

Bukan dengan telapak tangan. Ini mungkin terdengar aneh, tetapi hal ini dapat mencegah penyebaran flu karena telapak tangan kita adalah salah satu tempat berkumpulnya  kuman.

  1. Tetap aktif

Maksudnya, tetap berolahraga dan berkeringat. Olahraga juga penting dalam menguatkan fungsi kekebalan tubuh kita sehingga dapat mencegah flu dan penyakit lainnya.

Selengkapnya...

Terkait

Back to top button