Nasional

10 Juta Pasien Korona di Dunia Sembuh

Pewarta: Maya I Editor: Basir

TIMUR MEDIA – Kabar baik datang dari perkembangan kasus korona. Data Worldometer per 27 Juli 2020, jumlah pasien sembuh di dunia telah mencapai 10.126.300 jiwa. Sedangkan total kasusnya, 16.536.512 jiwa. Untuk jumlah kematian, 654.057 jiwa.

Untuk pasien korona yang kritis, hanya berjumlah satu persen dari 5.754.918 pasien di dunia yang masih menjalani perawatan. Sedangkan tingkat kematian dari 10 juta kasus, prosentasenya enam persen dan tingkat kesembuhannya naik hingga mencapai 94 persen.

Di Indonesia, berdasarkan data Gugus Tugas (Covid19.go.id) kasus korona per 27 Juli 2020, total kasus positif 100.303, dan jumlah pasien sembuh menembus 58.173. untuk jumlah meninggal dunia 4.838 jiwa.

Jika dibanding penyakit menular lain, seperti tuberkulosis misalnya, angkanya jauh berbeda. Data per Juni 2020, jumlah penderita TBC diperkirakan mencapai 845 ribu kasus dengan angka kematiannya mencapai 98 ribu jiwa. Data ini dikutip dari Tempo, 13 Juni 2020: Waspada, Kematian Tuberkulosis di Indonesia Capai 98 Ribu Jiwa.

Dengan kata lain, angka kesembuhan korona baik di dunia dan Indonesia, sangat tinggi. Yakni mencapai 94 persen. Bahkan mereka tidak perlu diberi vaksin. Bahkan sesuai protokol baru penanganan Covid-19 dari Kemenkes, pasien positif melakukan isolasi mandiri di rumah selama 10 hari, sebelum akhirnya dinyatakan sembuh. Dan faktanya, banyak yang sembuh cukup perawatan isolasi mandiri di rumah.

Kabar ini tentu saja menggembirakan.

Wajah korona yang selama ini digambarkan menyeramkan, bahkan banyak yang terpenjara ketakutan, fakta dan data justru mengungkapkan jika angka kesembuhannya tinggi. Bahkan bisa perawatan mandiri. Dari data Worldometer di atas, terbukti pula 10 juta pasien korona di dunia sembuh tanpa vaksin.

Wakil Gubernur Kaltim Hadi Mulyadi, juga dinyatakan sembuh, Minggu 26 Juli 2020. Direktur Utama RSUD Abdul Wahab Sjahranie dr David Hariadi Masjhoer, memastikan sesuai protokol kesehatan baru Kemenkes, Wagub Hadi Mulyadi sudah sembuh usai dirawat lebih dari 10 hari.

Wagub Hadi Mulyadi, kata David, dinyatakan positif korona sejak Rabu (15/7). Wagub telah menjalani 11 hari isolasi mandiri di rumah jabatannya, Jalan Milono 1 Samarinda.

“Berdasarkan protokol yang baru, Wagub dinyatakan sudah sembuh karena memasuki hari ke-10,” jealsnya. David menyampaikan untuk memastikan kesembuhan Wagub, pihaknya tidak akan melakukan uji swab. Meski begitu, tim medis RSUD AWS akan menambah masa isolasi mandiri untuk pemulihan kondisi Wagub Hadi Mulyadi menjadi dua minggu perawatan.

“Protokol yang baru, tidak perlu swab lagi. Kami tunggu dua minggu saja,” jelasnya.​​​​​​​ Menurutnya, berdasarkan protokol kesehatan terbaru, pasien korona tanpa gejala yang telah menjalani perawatan selama 10 hari maka tidak perlu dilakukan swab untuk memastikan kesembuhan.

Selengkapnya...

Terkait

Back to top button